Jumat, 18 Maret 2011

Cara Mengetes AntiVirus

Baik, jadi ceritanya Anda telah menginstall antivirus baik yang membayar ataupun tidak. Anda selanjutnya ingin mengetahui seberapa baik konfigurasi antivirus Anda, apakah sudah aktif dan bahwa Anda telah terproteksi dengan baik. Lalu Anda berpikir untuk mencoba memasuki situs berbahaya untuk mengetes apakah antivirus Anda dapat mendeteksi virus dengan baik. Hal ini tentu saja sangat tidak disarankan karena resikonya sangat besar, Anda bisa saja kehilangan data yang sangat penting.

Jadi, bagaimana cara mengetes antivirus dengan aman?


Untuk mengetes antivirus dengan aman, Anda bisa menggunakan file Eicar Test. File ini berisi karakter ASCII yang akan dideteksi sebagai virus oleh antivirus tetapi file ini sebenarnya bukan virus dan tidak ada kode berbahaya didalamnya. Jika virus palsu ini terdeteksi, maka antivirus anda aktif dan siap untuk memberi perlindungan kepada Anda.

Berikut langkah-langkahnya :

1. Buka Notepad Anda dengan cara klik tombol Start - All Programs – Accessories – Notepad atau bisa jg dengan menekan tombol dengan lambang Windows di keyboard plus tombol R maka akan terbuka jendela Run. Ketikkan kata ‘notepad’ tanpa tanda petik, maka jendela Notepad akan terbuka.
2. Kopi string karakter di bawah ini ke dalam Notepad

X5O!P%@AP[4\PZX54(P^)7CC)7}$EICAR-STANDARD-ANTIVIRUS-TEST-FILE!$H+H*

3. Simpan file dengan memilih File - Save as
4. Pada bagian Save as type, pilih opsi All files. Ketik nama file ‘eicar.com’ tanpa tanda petik pada bagian File name. Pilih lokasi di tempat Anda ingin menyimpan file ini lalu klik tombol Save.

Jika antivirus Anda sudah benar konfigurasinya, maka seharusnya antivirus Anda langsung mendeteksi keberadaan virus Eicar.
Namun, jika antivirus Anda tidak mendeteksi apapun, maka ada masalah. Bisa karena dua alasan : konfigurasi proteksi yang tidak benar atau ada masalah saat installasi antivirus.
Jika masih saja tidak terdeteksi setelah dua alasan di atas diperbaiki, maka Anda harus segera mengganti antivirus Anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar