Jumat, 18 Maret 2011

Adobe Photoshop itu apaan sih?

Photoshop adalah sebuah image editor, atau program penyunting gambar yang berfungsi untuk membuat, menyunting, dan memodifikasi gambar-gambar digital yang terdapat di dalam komputer.
Photoshop merupakan program penyuting gambar yang paling hebat dan paling populer hingga saat ini. Kemampuan serta fasilitasnya yang lengkap membuatnya diminati oleh para seniman, professional, maupun pemula yang membutuhkan sebuah program gambar yang lengkap namun mudah dalam penggunaannya.
Gambar atau image di dalam komputer grafis terdiri dari dua jenis katagori, yaitu gambar bitmap dan vector. Oleh karena itu, tidak salah bila Anda mengenal pengertian dari kedua jenis images ini.
Gambar Bitmap
Adobe Photoshop 6.0 adalah program editing gambar yang menggunakan gambar berjenis bitmap yang disebut juga dengan gambar raster. Gambar-gambar bitmap menggunakan grid yang merupakan kotak-kotak kecil atai piksel yang membentuk sebuah gambar. Setiap piksel terletak pada lokasi tertentu dan mempunyai warna tertentu pula, jadi gambar yang terbentuk sesungguhnya adalah mosaic dari ribuan bahkan jutaan piksel. Saat Anda bekerja dengan gambar bitmap, Anda dapat mengedit piksel-piksel tersebut.
Gambar bitmap sangat tergantung dengan resolusinya. Hal ini berarti bahwa sebuah gambar akan sangat tergantung dari jumlah piksel yang membentuknya. Apabila Anda memperbesar ukuran gambar tersebut beberapa kali, maka gambar akan kehilangan detail dan akan terlihat kotak-kotak piksel yang berundak. Apabila resolusi gambar sangat rendah, gambar akan terlihat kurang detail dan berundak-undak. Gambar bitmap sangat baik untuk menampilkan gradasi dan warna. Sebagai contoh adalah gambar foto atau lukisan.
Gambar Vektor
Program-program gambar seperti Adobe Illustrator, CoreDraw dan FreeHand menghasilkan gambar berdasarkan vector grafik dimana gambar tersebut dibuat dari unsur garis dan kurva yang disebut vector. Dengan mode gambar yang berdasarkan vector grafik ini Anda tidak akan kehilangan detail dan kualitas gambar walaupun Anda memperbesar ukurannya beberapa kali.
Gambar vector tidak tergantung pada resolusi, sehingga Anda dapat memperbesar, memperkecil dan mencetaknya pada semua jenis resolusi printer tanpa kehilangan detail gambarnya. Gambar vector mempunyai ukuran file yang kecil dan dapat Anda perbesar atau perkecil bentuknya tanpa mengubah ukuran file.
Karena gambar ditampilkan pada layar komputer berupa grid-grid kecil yang membentuk suatu gambar, maka kedua jenis gambar tersebut ditampilkan sebagai piksel-piksel di layar monitor.
Dengan berbasis grafis bitmap, Photoshop dapat digunakan baik pada komputer PC maupun Apple Macintosh. Pada kedua jenis komputer ini, penggunaan Photoshop sebagian besar hampir sama, walaupun ada beberapa sarana dan keistimewaaan yang sedikit berbeda antara keduanya.
JENDELA PHOTOSHOP 7
Photoshop terdiri atas sebuah jendela utama (jendela aplikasi Photoshop itu sendiri) dan beberapa jendela kecil lain yang “mengambang” di dalamnya. Jendela-jendela ini diantaranya adalah:
  1. Jendela gambar: merupakan jendela yang berisi gambar yang akan dimanipulasi di dalam Photoshop.
  2. Toolbox: berisi sarana-sarana yang dapat digunakan untuk memanipulasi gambar.
  3. Panel Options: berisi pilihan-pilihan yang sesuai dengan tool yang sedang aktif
Palet: berisi pilihan-pilihan untuk memanipulasi gambar.
Setiap jendela ini sifatnya fleksibel. Anda bisa mengklik dan menahan tombol mouse pada baris judulnya (bagian teratas jendela) lalu menggesernya ke tempat yang diinginkan. Anda juga bisa mengubah ukuran setiap jendela sesuai yang diinginkan. Setiap jendela di dalam Photoshop dapat ditampilkan atau disembunyikan sesuai dengan kehendak Anda. Jika Anda merasa jendela-jendela palet atau toolbox mengganggu pekerjaan, Anda bisa memilih menu Windows untuk memilih menampilkan atau menyembunyikan setiap jendela.
Toolbox
Toolbox merupakan “kotak perkakas” yang mengandung beberapa tool atau sarana yang dapat digunakan untuk menyunting gambar. Setiap tool memiliki fungsi yang berbeda-beda dan merupakan alat utama Anda di dalam melakukan pekerjaan dalam Photoshop.
Anda harus hafal dan terbiasa dengan semua tool yang terdapat di dalam toolbox ini karena semua pekerjaan di dalam memanipulasi dan menyunting gambar melibatkan semua tool di dalamnya.
Setiap icon tool juga mengandung beberapa subtool yang memiliki fungsi serupa. Banyaknya tool yang terdapat pada Photoshop mungkin akan membingungkan Anda yang baru pertama kali menggunakan Photoshop.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar