Selasa, 01 November 2011

Apa itu OpenSource

Aplikasi open source adalah program komputer yang lisensinya memberi kebebasan kepada pengguna dalam menjalankan program tersebut untuk apa saja, mempelajari dan memodifikasi program tersebut, dan mendistribusikan penggandaan program asli atau yang sudah dimodifikasi tanpa harus membayar royalti kepada pembuat sebelumnya.

Sehingga jika para pembuat aplikasi dapat mempelajari, mendistribusikan ulang, dan mengubah perangkat lunak tersebut, maka perangkat lunak itu akan berkembang. Inilah yang disebut masyarakat mengembangkannya, mengaplikasikannya, dan memperbaiki kelemahannya. Dari kita, oleh kita dan untuk kita bersama.

Mengapa harus Open Source?
Sebenarnya tidak harus. Bisa saja kita menggunakan Sistem Operasi MS Windows yang didalamnya sudah ada Windows Movie Maker. Silakan saja memilih jalan tersebut.

Hanya saja, mengapa di sini kita hanya akan membicarakan video editing dengan aplikasi Open Source karena kita harus memperjuangkan penggunaan aplikasi Open Source ini.

Sebagaimana filososi dari Open Source sendiri, yang ujung-ujungnya adalah dari kita, untuk kita dan oleh kita. Jika bukan kita yang menggunakan, siapa lagi? Jika bukan kita yang memperjuangkan, siapa lagi?

Dan dalam proses belajar ini aplikasi open source yang tersedia sudah lebih dari cukup untuk digunakan. Beberapa alternatif dapat kita pilih secara gratis, dan tidak cuma satu.

Jika bisa tidak membayar, kenapa harus membayar?
Daripada uang hanya dikirim ke pembuat program di luar negeri sana, bukankah sebagai filmmaker pelajar, sebaiknya uangnya dipakai untuk belajar membuat film.

Hitung saja, berapa harga MS Windows? berapa harga Adobe Premiere? Seandainya kita punya uang pun, alangkah sebaiknya kita bantu negara untuk menghematnya. Dan tidak hanya berhenti di sini gerakan kita untuk Open Source. Bikin naskah dengan Open Office yang open Source, merencanakan jadwal shooting juga demikian. Sebisa mungkin, semuanya dengan open source, hitung saja berapa jumlah pelajar di Indonesia, berapa uang yang bisa kita sumbang ke pemerintah?

Hitung saja jumlah MS Windows dan MS Office di komputer sekolahmu. Sebesar itulah sebenarnya kita bisa membantu pemerintah.

Bukankah dengan Windows bajakan bisa murah juga?
Sekolah kok membajak, pelajar kok membajak.
Mari kita mulai belajar kita dengan hal-hal yang baik, agar nanti hasilnya menjadi baik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar