Sabtu, 24 Desember 2011

Cara Modifikasi Windows XP dengan NLite

Untuk menginstall Windows XP pada Notebook atau Laptop yang sudah menggunakan Hardisk SATA tersebut, kita perlu menambahkan driver Intel SATA AHCI Controller untuk Notebook yang menggunakan Processor Intel atau AMD SATA AHCI Controller untuk Notebook yang menggunakan Processor AMD. Untuk mengintegrasikan driver SATA Controller pada Windows XP tersebut kita bisa menggunakan aplikasi nLite, yang merupakan aplikasi freeware yang dapat meng-customize CD Setup Windows XP.

Cara Modifikasi Windows XP dan Windows 7 dengan NLite, Beberapa hal yang diperlukan untuk Modifikasi CD Windows XP yang telah terintegrasi didalamnya adalah sebagai berikut:

CD Setup /Installer Windows XP.
Intel SATA AHCI Controller atau AMD SATA AHCI Controller driver
Aplikasi nLite dapat sobat download di nliteos.com
Microsoft .dotNet Framework
CD kosong yang akan digunakan sebagai Windows XP + SATA driver CD


Dan berikut ini adalah step by step pembuatan CD Windows XP + Intel SATA Driver:

1. Install terlebih dahulu .dotNet Framework dan nLite.
2. Jalankan program nLite klik Next.
3. Tentukan lokasi source Windows XP, bisa dari CD Installer atau lokasi source pada Hardisk, klik Next.
4. Apabila nLite telah menemukan lokasi WindowsInstalation akan muncul jendela klik Next.
5. Pada tampilan berikutnya, klik Next aja.
6. Selanjutnya muncul jendela Task Selection, pilih Integrate - Drivers dan Create - Bootable ISO. Klik Next
7. Pada jendela Drivers - Integrate drivers into installation klik Insert lalu pilih Single Driver,Intel SATA driver (iaAHCI.inf) kemudian tentukan lokasi klik Open.
8. Selanjutnya pilih Textmode driver dan blok semua items (tekan CTRL+A) lalu klik OK.
9. Pada jendela selanjutnya klik Next aja, lalu klik Yes untuk memulai proses integrasi driver. Setelah selesai klik Next.

Langkah selanjutnya adalah membuat CD Image Windows XP + SATA driver. Seperti pada tampilan dibawah, untuk Mode pilih aja Create Image, Label isi dengan Label untuk CD kita misalnya XP-SATA. Lalu klik Make ISO. Tentukan nama dan lokasi penyimpanan file, klik save.
Tunggu beberapa saat sampai proses pembuatan image file XP-SATA selesai selanjutnya klik Finish untuk keluar dari program nLite.
Sekarang kita telah mempunyai file XP-SATA.iso dan untuk membuatnya menjadi CD Installer Windows XP kita bisa membakarnya ke CD kosong yang telah disiapkan sebelumnya dengan bantuan program pembakar seperti Nero atau Free ISo Burner.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar